IDENTITAS NASIONAL

IDENTITAS NASIONAL

Pengertian Identitas Nasional

Identitas nasional adalah kepribadian nasional yang dimiliki suatu bangsa yang membedakan bangsa satu dengan bangsa lainnya. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan setiap bangsa mempunyai identitas yang berbeda – beda. Faktor – faktor tersebut antara lain keadaan geografi, ekologi, demografi, sejarah, kebudayaan, dan watak masyarakat. Watak masyarakat di negara yang secara gerografis mempunyai wilayah daratan akan berbeda dengan Negara kepulauan.

Setiap negara mempunyai karakter dan identitasnya masing – masing yang khusus. Apabila mendengar nama negara di daerah barat, tergambar masyarakat yang individualis, rasional dan berteknologi maju. Mendengar Negara Jepang, tergambar masyarakat yang berteknologi tinggi namun tetap melaksanakan tradisi ketimurannya.

Indonesia adalah Negara yang memiliki keunikan di banding negara lain. Indonesia adalah Negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia, negara tropis yang hanya mengenal musim hujan dan musim panas, Negara yang memiliki suku,tradisi, dan Bahasa terbanyak di dunia.

Salah satu cara memahami identitas suatu bangsa adalah dengan cara membandingkan bangsa satu dengan bangsa lainnya dengan cara mencari sisi – sisi umum yang ada pada bangsa tersebut. Pendekatan tersebut dapat menghindari sikap kabalisme, yaitu penekanan yang terlampau berlebihan pada keunikan serta ekslusitivitas yang esoteric, karena tidak ada satu bangsapun yang mutlak berbeda dengan bangsa lain.

Bangsa Indonesia mempunyai karakter khas yaitu keramahan dan sopan santun. Keramahan tersebut tercantum dalam sikap mudah menerima kehadiran orang lain. Orang yang datang di anggap sebagai tamu yang harus dihormati. Sehingga banyak kalangan bangsa lain yang datang ke Indonesia merasakan kenyamanan dan kehangatan.

Bangsa Indonesia adalah bangsa agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sistem kemasyarakatan secara umum di sebagian besar suku – suku Indonesia adalah system paguyuban atau masyarakat social. Sistem kekerabatan dimana masyarakat mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan kelompok etnisnya.

Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan membuat sebuah perkumpulan apabila mereka berada di luar daerah, misalnya Persatuan Mahasiswa Sulawesi, Riau, Aceh, Kalimantan, Papua dan lain – lain. Ikatan emisional yang terbentuk bukan lagi ikatan kesukuan, tetapi kebangsaan. Dalam konteks bernegara, identitas nasional bangsa Indonesia tercermin pada Bahasa nasional, bendera, lagu kebangsaan, lambang negara dan lain – lain.

Identitas nasional dalam konteks bangsa cenderung mengacu pada kebudayaan sedangkan identitas nasional dalam konteks negara tercermin dalam simbol – simbol kenegaraan. Kedua unsur identitas ini secara nyata terangkum dalam Pancasila. Pancasila dengan demikian merupakan identitas nasional kita dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

( Baca juga : Pengertian Politik Identitas )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IDENTITAS NASIONAL"

Posting Komentar